Peran Komunikasi Dalam Organisasi Perusahaan
Pengertian Komunikasi
Komunikasi adalah suatu
proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak
kepada pihak lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal
yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. apabila tidak ada bahasa verbal
yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan
menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum,
menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi
nonverbal.
- Komunikasi
adalah proses menyortir, memilih, dan pengiriman simbol-simbol sedemikian rupa
agar membantu pendengar membangkitkan respons/ makna dari pemikiran yang serupa
dengan yang dimaksudkan oleh komunikator. (Raymond Ross, 2005).
- Komunikasi
terjadi saat satu sumber menyampaikan pesan kepada penerima dengan niat sadar
untuk memengaruhi perilaku mereka. (Gerald R. Miller, 2005).
Pengertian Komunikasi dalam Organisasi Perusahaan
Komunikasi organisasi adalah pengiriman dan
penerimaan berbagai pesan organisasi di dalam kelompok formal maupun informal
dari suatu organisasi ( Wiryanto,
2005). Komunikasi formal adalah komunikasi yang disetujui oleh
organisasi itu sendiri dan sifatnya berorientasi kepentingan organisasi.
Orientasi nya bukan pada organisasi tapi lebih kepada anggotanya secara
individual.
Komunikasi dalam organisasi adalah juga dapat
diartikan sebagai komunikasi suatu organisasi yang dilakukan pimpinan, baik
dengan para karyawan maupun dengan khalayak yang ada kaitannya dengan
organisasi, dalam rangka pembinaan kera sama yang serasi untuk mencapai tujuan
dan sasaran organisasi (effendy,1989:214).
komunikasi organisasi sebagai derajat atau
tingkat informasi tentang pekerjaan yang dikirimkan organisasi untuk anggota
dan diantara anggota organisasi (Price, 1997)
Cara Meningkatkan Keterampilan Komunikasi
·
Keterampilan
komunikasi yang diperlukan dalam komunikasi bisnis:
-
Membaca
-
Mendengarkan
-
Percakapan
-
Wawancara
-
Diskusi
Kelompok
-
Pidato dan
Presentasi
-
Menulis
Peran Komunikasi dalm Organisasi Perusahaan
Sedangkan komunikasi dalam organisasi atau
perusahaan dimana organisasi/ perusahaan sangat tergantung kepada komunikasi
dalam mencapai tujuannya. Suatu hasil penelitian yang dilakukan oleh J. Michael
Sproul menunjukkan bahwa orang-orang dalam organisasi menggunakan 69 % dari
hari-hari kerja mereka untuk melakukan komunikasi verbal, baik itu berbicara,
mendengarkan, menulis, ataupun membaca. Tetapi tidak berarti bahwa bentuk komunikasi
yang lain, yaitu komunikasi non verbal tidak penting bagi suatu organisasi.
Pada pokoknya komunikasi adalah: pusat dan minat
dari suatu situasi perilaku dimana suatu sumber menyampaikan suatu pesan kepada
seorang penerima dengan tujuan mempengaruhi perilaku si penerima(Moore
(1988:89). Di dalam suatu organisasi ternyata komunikasi sangat
memegang peranan penting, karena komunikasi adalah alat yang dapat digunakan
oleh semua pihak. Tinggal bagaimana suatu pihak mempergunakan dengan tepat , jika
komunikasi yang disampaikan tidak tepat maka akan terjadi kesalahpahaman antara
pemberi dan penerima pesan.
·
Komunikasi
di dalam perusahaan atau organisasi terdiri dari:
-
Komunikasi Vertikal
Yaitu komunikasi dari atas ke bawah, dan dari
bawah ke atas. Yaitu komunikasi dari pimpinan ke bawahan dan dari bawahan ke
pimpinan. Atasan memberi instruksi-instruksi kepada karyawan baik secara formal
dan non formal, dalam hal ini bawahan memberikan laporan-laporan , saran-saran
dan pengaduan-pengaduan kepada pimpinan.
-
Komunikasi
Horizontal
Komunikasi ini sifatnya mendatar, yang terjadi
antar anggota, staf, karyawan dengan karyawan, mahasiswa dengan mahasiswa.
Komunikasi ini sifatnya lebih non formal, meski ada yang formal juga.
-
Komunikasi
Diagonal
Komunikasi ini menunjukkan hubungan-hubungan
dengan orang-orang yang mempunyai status lebih tinggi atau lebih rendah.
Daftar Pustaka
Raden Rizki Nugraha.Peran Komunikasi Dalam Organisasi Perusahaan
No comments:
Post a Comment