Saturday, June 13, 2015

Passion Of Mine

Selama menuntut ilmu di universitas gunadarma, mahasiswa mendapatkan mata kuliah SOFT SKILL. Matakuliah ini biasanya hanya melakukan tatap muka sebulan sekali. Jadi , biasanya dalam 1 smester softskill masuk 4 kali. softskill adalah kemampuan yang ada dalam diri kita sendiri yang tidak terlihat bentuknya. Softskill bisa dibilang pengendalian diri dari diri kita terhadap suatu kepentingan yang mungkin sangat menyita emosi, optimasi dan komunikasi. Manajemen waktu, mengendalikan diri, bertanggung jawab dapat juga  dikategorikan sebagai softskill. Softskill yang baik harus diiringi dengan hardskill juga. Hardskill itu bakat kita yang dapat dilihat.  Pembelajaran Soft Skill di gunadarma membuat saya dapat menentukan passion saya. Saya merasa minat saya di bidang bisinis cukup tinggi. Meskipun jurusan yang saya ambil kurang tersangkut paut dengan minat saya, tapi saya yakin dengan ilmu dari jurusan saya , saya dapat mengembangkan sebuah bisnis dengan sangat cepat. 


Pengertian Bisnis :
Bisnis adalah Organisasi yang mengelola barang dan jasa untuk memperoleh laba (Ebert, 1995:3). Dari definisi tersebut terkandung 2 pengertian dasar mengenai bisnis bila yang diusahakan adalah barang atau jasa dengan kata lain tanpa adanya barang atau jasa suatu usaha tidak bisa dikatakan bisnis. 
Di dalam perusahaan, sumber – sumber ekonomi diproses menjadi barang dan jasa yang tujukan untuk memenuhi kebutuhan dan sekaligus memuaskan konsumen di satu sisi dan menciptakan keuntungan di sisi yang lain. Agar kedua tujuan tersebut terpenuhi maka diperlukan pengolaan usaha yang baik. Selain kemampuan untuk melihat peluang, memproduksi barang dan jasa yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia, maka dalam bisnis juga diperlukan manajemen agar bisnis mampu mendatangkan laba. Kemampuan memperoleh laba menjadi hal yang mutlak, karena dengan adanya laba maka dapat dijaga kelangsungan usaha perusahaan. Sementara itu usaha perusahaan lah yang dapat mengantarkan perusahaan menjadi tumbuh dan berkembang.
Minat saya adalah di bidang bisnis dan musik. Jadi saya punya cita-cita untuk membuka bisnis audio suatu hari nanti. Adapun alasan kenapa audio yang saya jadikan bisnis itu karena pertama musik di ranah indonesia makin banyak peminat seiring perkembangan zaman, kedua para produsen musik yang banyak memberikan warna di bidang musik itu sendiri,ketiga bagi saya mendengarkan musik berkualitas itu penting mengingat saya adalah penggemar musik hampir semua jenis dan saya selalu ingin mendapatkan suara yang berkualitas dari hasil yang di keluarkan. 
Ayah saya juga seorang pebisnis dari tahun 1980 menurun dari kakek saya yang juga seorang pebisnis. Ayah saya membuka beberapa usaha yaitu warung makan bakso dan chinnese food dan toko olahraga. 
Saya memilih berbisnis dibanding bekerja di tempat lain karena saya orang yang kurang suka tekanan dari orang lain. Saya lebih suka memaparkan ide-ide saya sendiri dan bergerak dengan bebas dengan apa yang saya butuhan dan apa yang saya mau. Saat ini saya masih membantu usaha ayah saya. Masih belajar bagaimana cara berbisnis yang baik dan benar dari seseorang yang sudah memakan asam garam di bidang bisnis yaitu ayah saya. Jadi  setelah nanti kuliah saya akan sangat serius untuk mencoba membuka bisnis yang saya mau dengan melakukan peminjaman dana ke orang tua atau dengan metode bagi hasil. Dengan begini saya bisa menjalankan apa yang paling saya minati dari sejak saya masih di sekolah menegah pertama (SMP). 
Dan saya juga sangat suka bergaul terutama organisasi. Karena saya orang yang terkadang banyak bicara untuk hal-hal tertentu. Karena saya juga orang yang aktif di bidang organisasi sejak SMP.
Dengan berorganisasi, kita bisa menambah teman serta wawasan dengan berkomunikasi dengan orang-orang baru di sekitar kita. 
Jadiiiiii, kesimpulan dari passion saya adalah PEBISNIS meskipun sama sekali tidak ada sangkut pautnya dari apa yang selama ini saya belajar tapi saya yakin dengan ilmu yang saya punya ini saya jadikan acuan untuk bisa lebih berkembang di jaman modern yang terus semakin berkembang dengan pesat saat ini.

No comments:

Post a Comment