Thursday, July 10, 2014

Teknologi Garis Gawang

Teknologi Garis Gawang

Goal line technology merupakan teknologi garis gawang yang akan menentukan apakah bola sudah masuk ke gawang sepenuhnya atau belum. Penggunaan teknologi ini diinginkan oleh FIFA, salah satunya dikarenakan kontroversi dari tidak disahkannya gol Frank Lampard pada saat Inggris menghadapi Jerman di Piala Dunia 2010, padahal bola telah sepenuhnya melewati garis gawang. Untuk menerapkan teknologi garis gawang ini, FIFA memberikan beberapa aturan bagi siapa saja yang akan membuat teknologi yang satu ini. Aturan-aturan tersebut diantaranya, goal line technology hanya digunakan untuk menentukan apakah telah terjadi gol atau tidak. Semuanya harus berjalan secara akurat, dan dikonfirmasi dengan cepat hanya dalam hitungan detik kepada official pertandingan. Aturan yang cukup ketat tersebut membuat perusahaan yang ingin bekerjasama dengan FIFA perlu menerapkan teknologi yang canggih, “hanya” untuk menentukan apakah terjadi gol atau tidak.

Cara Kerja
Goal Line Technology, Gabungan Kecanggihan Perangkat Dan Sisi Humanis Manusia Dalam Piala Dunia 2014

FIFA telah melaksanakan uji goal line technology dan disetujui untuk dapat digunakan di setiap pertandingan sepak bola pada tahun 2012. Dalam penggunaan teknologi canggih pada cabang olah raga sepak bola ini, perangkat pertandingan dapat memonitor menggunakan device yang digunakan untuk menentukan apakah bola sudah melewati garis gawang sepenuhnya atau belum. Wasit akan menerima notifikasi hanya dalam waktu satu detik. Jam tangan, adalah senjata wasit dalam menentukan gol. Goal line tecknology akan menyediakan info akurat, kemudian info tersebut akan dikirimkan kepada wasit, dan wasit yang akan memberikan keputusan finalnya.
Lalu, bagaimana goal line technology dapat bekerja secara akurat? Kini, kita kembali pada waktu saat ini, dimana Piala Dunia 2014 berlangsung di Brazil. Sebuah perusahaan Jerman GoalControl adalah perusahaan yang dipilih FIFA untuk membantu wasit dalam menentukan gol dengan goal line technology. Tentu, perusahaan ini telah menerapkan aturan goal line technology dari FIFA, yang salah satunya adalah teknologi ini harus akurat. Untuk mendapatkan keakuratan yang sempurna, GoalControl memasang 14 kamera pada setiap sudut stadion penyelenggara Piala Dunia, dimana akan memonitor laju bola selama pertandingan. Kamera-kamera ini diatur dengan menerapkan dan mengembangkan kalkulasi matematis, dimana setiap kamera memiliki jarak dan lokasi yang sangat strategis untuk menentukan apakah bola sudah melewati garis gawang atau belum.

Sumber:http://rdnrizki.blogspot.com/2014/07/teknologi-garis-gawang.html

No comments:

Post a Comment